Ahlan Wa Sahlan

translate

Kamis, 14 Februari 2013

Nutrisi untuk HATI


Rasulullah bersabda:"Ketahuilah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging, bila ia baik maka baiklah seluruh jasad itu, dan bila ia rusak maka rusaklah pula seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa segumpal daging itu adalah hati" (HR. Bukhari dan Muslim).
Sebagai pusat kebaikan, hati kita membutuhkan nutrisi-nutrisi yang menyehatkan. Dengan nutrisi diharapkan hati tetap menjadi tempat iman bersemi dan berkembang serta terhindar dari penyakit-penyakit hati. Seperti hal nya tubuh kita, ketika tubuh tidak diberi zat gizi maka akan menimbulkan penyakit. Begitu jugalah dengan hati. Hati juga memerlukan nutrisi yang harus dipenuhi.
Ada beberapa hal yang menjadi nutrisi hati, di antaranya :
  • Zikir. Zikir dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan melafazkan tasbih, tahmid dan takbir. Ataupun dengan membaca Al-Qur’an. Allah swt selalu menyuruh hamba-Nya untuk berzikir, karena dengan berzikir maka hati akan tenang. ”(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d : 28)
  • Perbanyak Istigfar. Dalam hadits Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah beristigfar sebanyak 77 kali dalam sehari dan semalam. Bayangkan saja beliau yang sudah dimuliakan dan terjaga hatinya, tetap beristigfar. Istigfar sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah swt. Dengan banyak-banyak beristigfar akan menjaga hati dari penyakit.
  • Do'a. Do'a adalah bentuk ketergantungan kepada Allah swt. Semakin kita merasa tergantung pada Allah SWT, maka semakin sering pula kita memberi nutrisi pada hati. Apalagi Allah menjanjikan akan menjawab semua doa hamba-Nya. (QS. Al-Gafir :60)
  • Bershalawat atas Nabi. Dengan bershalawat kepada Nabi satu kali maka Allah akan membalasnya dengan shalawat sebanyak sepuluh kali kepadanya. Suruhan bershalawat kepada Nabi ini juga disebutkan dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Ahzab ayat 56 yang artinya, ”Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
Semoga dengan memenuhi nutrisinya, hati kita menjadi tenang, dan selalu taat dengan perintah-Nya.
Allahumma Aamiin.....

0 komentar:

Posting Komentar