Ahlan Wa Sahlan

translate

Kamis, 27 Desember 2012

Sholat Itu Tiang Agama



Bismillahirrahmanirrahiim…
Sholat merupakan tiang agama, yang berarti sholat dapat mengkokohkan keimanan seorang muslim...
jika seorang muslim tidak melakukan sholat dapat di katakan bahwa keimanannya mudah goyah...
Rukun islam ada 5 perkara yaitu mengucap dua kalimah syahadat,sholat,puasa zakat dan naik haji...
kenapa sholat yang jadi tiang agama??? kenapa bukan yang lainnya??


mungkin analoginya dapat digambar seperti ini :
ibaratkan keimanan dan keislaman seseorang adalah sebuah pensil dan 5 rukun islam adalah kelima jari kita yang memegangnya agar keimanan dan keislaman kita tidak goyah apalagi jatuh..
coba sahabat semua mencobanya dengan memegang pensil dengan 5 jari .pensil itu akan tetap erat dan kokoh,begitulah keislaman seorang muslim sejatinya.

kita mulai dari rukun islam yang paling akhir yaitu
haji , haji diwajibkan bagi kaum muslimin yang mampu menjalankannya,dan banyak kaum muslimin yang tidak mampu atau belum mampu memenuhinya, coba sekarang sahabat semua melepas satu jari  (  jari kelingking ) ,apa yang terjadi ? ya..pensil itu tetap terpegang erat..

yang keempat
zakat , tidak semua orang dapat menunaikan zakat karena zakat di wajibkan bagi para muzaki,
coba sahabat melepas kembali satu jari ( jari manis ) bagaimana kondisi pensil tadi ? hmmm..masih cukut erat kok.. ^_^
yang ketiga puasa , banyak juga saudara kita yang tidak dapat menjalankan puasa karena memang sakit (yang wajib di ganti) ataupun karena malas.
Coba sekarang sahabat melepas kembali satu jari ( jari tengah) dari pensil tadi...gimana sekarang? yach...masih bisa sih tapi udah goyang-goyang....

nah sekarang yang dapat memegang pensil kita kita hanya 2 jari ( ibu jari dan telunjuk) atau keislaman kita hanya di jaga dengan sahadat dan sholat,bagaimana kondisinya?

sekarang jika sahabat semua tidak menjalankan
sholat , bagaimana keislaman kita?
sekarang coba sahabat semua melepas satu jari lagi ( jari telunjuk )....
apa yang terjadi dengan pensil tadi?
apa yang terjadi dengan keimanan dan keislaman kita?
masih kah berdiri?" :'(

wallahualam...

“Sesungguhnya sholat adalah tiang agama, dan barangsiapa yang meninggalkan sholat akan sama halnya dengan merobohkan tiang agama dan menjadi kafir. Sholat merupakan penghubung antara hamba dengan Tuhannya karena sedekat-dekat hamba kepada Tuhannya adalah dikala hamba tersebut bersujud (di dalam sholat).”

Jadikan sholat itu bukan hanya sekedar kewajiban, tapi jadikan lah sholat sebagai kebutuhan.

Sholat itu ibarat sebuah kunci rumah yang di dalamnya terdapat segala amal perbuatan yang kita lakukan. Tanpa sholat amalpun akan sia-sia. Sebanyak apapun amal kebaikan yang kita tabur di dunia, kalau tidak dibarengi sholat maka nanti di akhirat kelak kita hanya bisa memandang wadah amal yang terkunci tanpa bisa menggenggamnya.

Dalam sholat itu banyak kenikmatan yang ga’ bisa dibeli dengan uang. Dalam sholat itu ada cinta, cinta yang bisa memberi kita kasih sayang, yang bisa mendengarkan segala keluh kesah kita setiap saat, yang bisa memberikan apa yang kita mau. Dengan sholat Allah akan melapangkan rezeki kita, karena sesungguhnya urusan rezeki ada di tangan-Nya.

Sebagaimana firman Allah :
“Dan perintahkanlah keluargamu dalam melaksanakan sholat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rejeki kepadamu, kamilah yang memberi rejeki kepadamu. Dan akibat (yang di akhirat) adalah bagi orang yang bertaqwa.” (QS. Thaha:20).

Nah sudah tau kan betapa sholat itu wajib dan betapa banyak kandungan yang terdapat dalam sholat. So, tunggu apa lagi jangan sia-siakan sisa hidupmu dengan mnegabaikan sholat karena sholat adalah kunci untuk mengambil amal pahala kita kelak dan yang paling penting kita catat adalah bahwa yang pertama kali dihisab ketika kita kembali kepada-Nya adalah SHOLAT.

0 komentar:

Posting Komentar